Rabu, 12 Oktober 2011

Objek Wisata Kerinci

Taman Nasional Kerinci Seblat luasnya sekitar 1.386.000 ha dan di Kab. Kerinci Luas Taman Nasional Kerinci ini mencapai 215.000 ha. Pusat dari daya tarik Taman Nasional ini sebagian besar berada di Kab. Kerinci karena ditemukan berbagai ragam hayati daerah tropis dan sebagai kawasan konservasi/ hidrologi.

Di hutan yang lebat terdapat lebih kurang 139 jenis burung, 36 jenis mamalia, 10 jenis reptilian, 6 jenis ampibia dan 8 jenis primata. Dari semua jenis fauna tersebut, diantaranya terdapat yang di lindungi dari kepuanahan, seperti Badak Sumatera (Dicerorhinus Sumatrensis), Kambing Hutan (Capricornis Sumatrensis), Harimau Sumatera ( Panthera tiger Sumatrensis) dan Gajah Sumatera (Elepas Maximus Sumatrensis). Tak kalah menarik dari itu semua adalah terdapat berbagai jeni flora yang mencapai sekitar 4000 spesies, yang spesifik diantaranya adalah Pinus Mercusii Strain Kerinci, Kayu Pacet (Harpullia Arborea) yang memiliki warna yang sangat menarik. Bunga Raflesia (Raflesia Arnoldi), Bunga Bangkai ( Amorphophalus Titanum) yang merupakan bunga tertinggi di dunia.

GUNUNG KERINCI
Merupakan gunung tertinggi di Sumatera dengan ketinggian 3.805 m dari permukaan laut. Gunung ini mempunyai banyak misteri dan keunikan yang merupakan gunung api tertinggi di Indonesia yang masih aktif. Luas kawasan yang dimiliki berukuran ± 580 m x 600 m dengan kondisi air sawah yang berwarna hijau kekuning-kuningan, suhu terendah diatas puncak gunung mencapai 5°C. Pada hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus dan pada hari libur pendidikan nasional banyak dikunjungi oleh pendaki-pendaki gunung.

Untuk mencapai puncak agunung Kerinci di perlukan waktu 8-10 jam dengan pemberhentian (selter) sebanyak 4 buah. Sesampainya di puncak gunung ini akan terlihat panorama alam yang menakjubkan, indah dan menarik. Untuk mencapai Kerinci dari kota Sungai penuh harus menempuh jarak lebih kurang 49 km.

                                          Gunung Kerinci 3.805 Mdpl

                                                 Puncak Sumatera

                                  Gunung Kerinci Di lihat dari Bukit Tapan



DANAU GUNUNG TUJUH
Secara ilmiah Danai Gunung Tujuh merupakan danau vulkanik yang terbentuk akibat kegiatan gunung berapi di masa lampau. Danau ini berada di ketinggian 1.996 m dari permukaan laut dan merupakan danau tertinggi di Asia Tenggara. Danau ini berukuran panjang 4,5 km dan lebar 3 km yang dikelilingi oleh 7 buah gunung dengan puncak tertinggi 2.732 m dari permukaan laut. Kawasan danau ini merupakan kewasn Taman Nasional Kerinci Seblat yang menjadi salah satu keanekaragaman hayati. Objek wisata petualangan ala mini sering dijadikan tempat berkemah bagi para mahasiswa, pelajar dan wisatawan. Daya tarik kawasan ini meliputi keindahan alam yang mempesona serta udara yang sejuk dan bersih. Objek wisata ini berjarak lebih kurang 51 km dari Kota Sungai Penuh.

                                                Danau Gunung Tujuh

                            Danau Gunung Tujuh dari puncak Gn. Kerinci

                                        Camping in Lake Seven Mount

DANAU BELIBIS
Danau yang memiliki luas lebih kurang 2 Ha terletak di Lereng Gunung Kerinci dan merupakan danau vulkanik yang menawan. Kondisi alam pegunungan masih asli dan merupakan salah satu objek wisata yang mempunyai daya tarik khusus untuk di kunjungi.

Danau yang indah ini merupakan tempat minum berbagai jenis satwa dan tempat berkumpulnya. Danau Belibis dapat dicapai melalui Desa Gunung Labu atau Desa Kebun Baru. Jarak dari Kota sungai penuh lebih kurang 52 km. 

                                                       Belibis Lake



DANAU KERINCI
Danau Kerinci merupakan Danau terbesar yang terdapat di Kabupater Kerinci dengan luas 4.200 Ha. Dari sepanjang pantai danau dapat dilihat pemandangan yang indah ke tengah danau dimana perahu-perahu nelayan sedang menangkap ikan. Danau ini oleh masyarakat di sekitar danau menjadi tumpuan tempat mencari nafkah dalam memenuhi  kebutuhan bagi masyarakat Kerinci. Penangkapan ikan dilakukan secara tradisional, diantaranya yang sangat unik adalah mengakap ikan dengan menyelam yang dilakukan pada malam hari tanpa menggunakan alat bantu pernapasan (tabung Oksigen).

Kawasan danau merupakan tempat rekreasi yang menarik, seperti memancing, berenang dan juga berkemah. Sebagian aktivitas lain dapat dinikmati sambil menyantap makanan khas danau yang tersedia di restoran-restoran sekitarnya. Danau ini terletak di tengah lembah kerinci yang berjarak 16 km dari Kota Sungai Penuh

                                                       Danau Kerinci
Danau Kaco/ Telaga Bidadari
Danau Kaco di kabupaten Kerinci Jambi memancarkan cahaya terang di malam hari dan tampak dari kejauhan. Pancaran itu makin terang pada saat malam bulan purnama atau malam tanggal 15 penanggalan Hijriah atau Qomariah.Saking terangnya pancaran cahaya dari danau Kaco tersebut, para pecinta alam yang sedang berkemah tidak butuh lagi penerangan. Karena cahanya terlihat seperti lampu yang diarahkan ke langit.

Luas Danau Kaco berukuran sekitar 30x30 meter Hingga kini kedalaman danau kecil itu masih misteri dan belum pernah diukur. Walau kedalaman belum terukur tapi dasarnya kelihatan karena airnya sangat bening serta ribuan ikan berkembang biak di danau ini tampak jelas dengan penglihatan mata telanjang.
Selain memancarkan cahaya di malam hari, danau Kaco juga menyimpan banyak misteri.
                                            Telaga Bidadari Yang Misteri
DANAU LINGKAT
Danau yang masih alami ini terletak di pinggir hutan Taman Nasional Kerinci Seblat yang berdekatan dengan Desa Lempur Mudik. Luasnya lebih kurang 12 ha pada ketinggian 1.100 m dari permukaan laut. Untuk mencapai objek wisata ini dapat menggunakan bus umum. Hal yang menarik pada objek wisata ini, yakni masih dapat di dengar suara binatang seperti, Siamang dan yang lainya ketika matahari bersinar. Menjelajahi danau dengan rakit dan melihat batu yang unik berwarna-warni didasar danau yang dapat dilihat dari permukaan air. 
                                                       Danau Lingkat

AIR TERJUN TELUN BERASAP
Air terjun Telun Berasap merupakan objek wisata yang letaknya di perbatasan Kabupaten Kerinci dengan Kabupaten Solok Selatan Sumatra Barat. Objek wisata ini dapat dicapai dengan kendaraan roda empat. Jarak dari Kota Sungai Penuh 60 Km. Sumber air terjun ini berasal dari Danau Gunung Tujuh yang mengalir melewati tebing terjal dengan ketinggian lebih kurang 50 m. objek wisata in I merupakan suatu kawasan yang sangat menarik. Banyak dikunjungi para wisatawan domestic san wisatawan asing. Butiran-butiran uap-air yang menyerupai asap dan pelangi yang berwarna indah tatkala matahari memantulkan sinarnya ikut menghiasi air terjun. Untuk mencapai lokasi yang dekat dengan air tejun harus melalui tangga yang telah ditata dengan baik
                                                      Telun Berasap
PANCARO RAYO DAN PANCURAN GADING
Daya tarik air terjun berketinggian lebih kurang 150 m ini berupa hujan embun yang tercipta akibat ketinggiannya serta kolam pemandian alam yang unik dan menarik. Kondisi hutan disekeliling air terjun ini masih alami dan merupakan habitat tumbuhan rotan yang di manfaatkan sebai bahan baku pembuatan meubel dan kerajinan lain.

Desa Lempuh Danau dan Desa Pulau Tengah merupakan dua desa yang berdekatan dengan objek wisata ini. Dari kedua desa yang dimaksud akan mudah untuk mengunjungi air terjun Panco Rayo dan Pancuran Gading. Perjalanan dari kota Sungai penuh sejauh lebih kurang km untuk mencapai kedua desa tersebut. 
                                                          Pancuran Rayo

AIR TERJUN TUJUH TINGKAT
Bagi wisatawan yang menyukai kegiatan cros country atau wisata alam, objek wisata ini merupakan tempat yang cocok untuk kegiatan itu. Untuk mencapai objek wisata, wisatawan harus melewati hutan produksi kayu manis dan hutan lindung.

Seperti namanya obyek wisata memiliki air terjun tujuh tingkat. Air terjun tujuh tingkat pertama tingginya lebih kurang 6 m yang merupakan air sungai yang jatuh pada tebing terjal. Menyusuri sungai ini ke arah hulu akan ditemui pula air terjun tingkat kedua yang tingginya 50 m dan air yang jatuh seperti butir-butir uap air. Seterusnya pendakian dapt dilakukan sampai ketingkat ketujuh melalui hutan lindungyang banyak terdapat tumbuhan-tumbuhan hutan manau. Bagi petualang pemula cukup sampai ke air terjun tingkat kedua.

Desa Koto Lebuh Tinggi atau Desa Mukai Tinggi Kecamatan Siulak merupakan tempat permulaan perjalanan ke air terjun tingkat ini. Untuk mencapai kedua desa tersebut harus menempuh perjalanan jauh lebih kurang 16 km dari Kota Sungai Penuh dengan kendaraan Bus. 
RAWA LADEH PANJANG
Rawa Ladeh Panjang hamparan lahan basah dengan luas lebih kurang 150 ha terletak pada ketinggian 1.950 m dari permukaan laut. Bagi pecinta dan pengamat binatang dapat menjumpai satwa liar, seperti Harimau Sumatra, Kambing Hutan, Rusa, Babi Hutan, dan berbagai jenis burung.

Untuk mencapai Rawa Ladeh Panjang dapat menggunakan bus dari kota Sungai Penuh sampai Desa Kebun Baru Kecamatan Kayu Aro lebih kurang 40 km perjalanan. Selanjutnya bejalan kaki selama 4-5 jam menuju obyek wisata. Disekitar lokasi obyek wisata Rawa Ladeh Panjang terdapat beberapa buah danau atau telaga ber air jernih merupakan tempat satwa minum dan beristirahat. 



PERKEBUNAN TEH KAYU ARO
Perkebunan teh Kayu Aro merupakan perkebunan the yang terbesar di dunia dengan luas 3.020 m yang terhampar dari kaki gunung kerinci. Perkebunan teh dengan segala aktivitasnya merupakan obyek wisata agro yang menarik. Kegiatan pemetikan teh dan proses pengolahan teh menjadi produk yang siap di pasarkan merupakan atraksi yang menarik untuk dilihat.

Pada perkebunan teh Kayu Aro terdapat pula tempat rekreasi telaga yang dikelilingi pohon-pohon besar dengan Aroma Pecco. Dihari libur taman rekreasi ini ramai dikunjungi oleh wisatawan.


PANORAMA BUKIT TAPAN & BINA KARYA
Buki Tapan atau Bina Karya merupakan habitat endemic Kayu Pinus Strain Kerinci. Kayu Pinus memberi manfaat berupa getahnya berupa getahnya sebagai bahan baku utama pembuatan Gundrukem (bahan batik) dan terpenting, sedang kayunya di ekspor dipasaran Eropa. Dari Bukit Tapan atau Bina Karya dapat di lihat panorama keindahan alam Kerinci yang mengagumkan. Danau kerinci dan bentangan petak-petak sawahserta desa-desa tempat tinggal penduduk yang bertebaran dapat dilihat dari obyek ini.

SUMBER AIR PANAS SEMURUP
Obyek wisata ini terletak didesa Air Panas Baru Kec. Air hangat 11 m dari Kota Sungai Penuh. Air Panas yang keluar dari perut bumi merupakan hasil kegiatan Vulkanik, dengan luas permuaan lebih kurang 15 m² membentuk kolam kecil yang selalu mengepulkan uap.

Kegiatan yang dilakukan oleh wisatawan yang berkunjung ke obyek ini, yakni merebus telur dan pisang. Disamping itu, ada fasilitas kamarmandi yang digunakan untuk berendamguna penyembuhan penyakit kulit (health tourism). Tidak jauh dari obyek utama terdapat pula sumber air panas yang unik ramai dikunjungi oleh wisatawan. 

TANJUNG PELITA
Tanjung Pelita adalah sebuah Tanjung yang terletak dipinggir Danau Kerinci berjarak ± 25 km dari Kota Sungai Penuh. Tanjung ini memiliki ketinggian ±20 m dari permukaan danau. Dari sini dapat terlihat pemandangan indah kearah danau. Tanjung Pelita merupakan taman rekreasi yang ramai di kunjungi oleh wisatawan, karena terdapat tempat-tempat santai dan merupakan tempat berkemah. 



PERKEBUNAN KAYU MANIS (Cassiavera)
Diantara andalan agrowisata Kabupaten Kerinci adalah perkebunan Kayu Manis yang tersebar di Pegunungan Kerinci . Kayu Manis dikenal pela dengan nama Cassiavera atau Cinanoum Burmanni. Hal yang menarik dari kegiatan agro wisata ini adalah melihat proses pembuatan Kayu Manis, mulai dari pengulitan dari batang pohonnya sampai pada tahap-tahap penyortiaran. Kayu Manis merupakan bahan baku rempah, obat-obatan dan minuman.

Kulit Manis Kabupaten Kerinci adalah komoditi ekspor yang dipasarkan kenaegara Amerika, Jepang, Jerman, Belanda, Belgia, Venezuella, Hungaria, Mexiko, Yunani, Kanada dan Singapus. Ekspor katu Manis Indonesia 85% dipenuhi oleh Kulit Manis yang berasal dari Kabupaten Kerinci. 

GOA KASAH
Merupakan sebuah Goa yang terletak dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat dengan jarak terdekat dari Desa Kersik TuoKecamatan Kayu Aro ±5 km. Goa ini merupakan habitat Kelelawar dan beberapa spesies burung. Di dalam goa terdapat relif yang menggambarkan antara lain wanita dan seekor binatang, serta sebuah tempat duduk dari batu.

Ruang utama berbentuk kubah ukuran 8 x 15 m dengan tinggi 15 m. menurut pengalaman para ahli, goa ini merupakan tempat tinggal manusia purba pada ratusan tahun lalu.

MESJID AGUNG PONDOK TINGGI
Kota Sungai Penuh dikenal dengan nama Kota Sakti. Kota Sakti ini memiliki arti Sejuk, Aman, Kenangan, Tertib dan Indah. Di Ibukota inilah Mesjid Agung Pondok Tinggi berada, yang terletak 500 m dari jantung kota .

Mesjid ini dibangun pertama kali pada tahun1874 M secara gotong royong oleh penduduk Pondok Tinggi, pada masa itu diberi dinding yang terbuat dari bamboo dan beratap ijuk. Pada tahu 1890 oleh masyarakat setempat diadakan renovasi dengan mengganti didingnya dengan kayu berukir.

Keunikan mesjid ini dibangun tanpa menggunakan paku besi tetapi dengan cara memadukan antara kayu yang satu dengan yang lainnya dengan pasak kayu sehingga dapat berdiri dengan mudah. Ornament yang digunakan didalamnya maupun diluar bangunannya menggunakan kombinasi antara seni ukir Persia , Roma, Mesir dan Indonesia . Mesjid ini dapat menampung lebih dari 2000 orang jemaah. 



BATU BERUKIR dan BATU MEGALITIK
BTU Berukir dan Batu Lesung terletak di Desa Muak Kec. Gunung Raya yang berjarak 23 Km dari kota Sungai Penuh. Lokasi ini dapat di capai dengan menggunakan Bus Umum. Batu Berukir dengan gambar kuda, gajah dan Onta yang diperkirakan merupakan peninggalan sejarah abad III dan IV masehi. Obyek ini menggambartkan kebudayaan pada masa jaman Budha.

Selain Batu Berukir disekitar Desa Muak banyak ditemukan batu-batu dengan motif yang lain seperti Batu Gong, Batu Lesung, Batu Patah, Batu Dgu dan Batu Tangkup. Dengan banyak ditemukannya peninggalan sejarah dengan mitif yang beragam memberi gambaran kuat adanya pusat kegiatan budaya pada masa silam disekitar Desa Muak, hal ini sangat menarik untuk dikunjungi dan diteliti lebih lanjut. 

UPACARA ASYEIK
Upacara Asyeik adalah upacara ritual, penyelengaraannya dilaksanakan sesuai dengan arti nama tarian ini “Asyeik/Khusuk”. Tarian ini merupakan Upacara Persembahan untuk roh nenek moyang yang telah lama meninggaldengan menyediakan sesajian berupa makanan dari nasi putih, nasi kuning, nasi hitam, telur ayam, telur bebek. Lemang lepat, ayam panggang, air jeruk, bermacam-macam bunga,daunsirih dan lain-lainnya serta dilengkapi dengan sebilah keris.Upacara ini biasanya dilaksanakan jika ada orang ditimpa musibah atau mendapat rahmat. 



TARI RANGGUK
Tari Rangguk ini merupakan tarian spesifik Kerinci yang Populer. Tari ini umumnya ditarikan oleh beberapa orang gadis remaja sambil memukul rebana kecil, tari ini diiringi dengan nyanyian sambil mengangguk-anggukkan kepala seakan memberikan hormat.
Tari Rangguk dilakukan pada acar-acara tertentu seperti menerima kedatangan Depati (tokoh adat Kerinci),tamu dan para pembesar dari luar daerah. Kadang-kadang Tari Rangguk dilakukan dilapangan terbuka diikuti dengan menabuh rebana dan gong beser.
Tarian ini merupakan tarian masal yang dilakasanakan pada saat :
  • Kenduri Sko (Pusaka) pengangkatan / pemberian Gelar Adat (Rio Depati, Mangku, Datuk, dsb) kepada anak jantan yang dipilih oleh anak batino dari suatu suku / pintu / luhah untuk memimpin negeri.
  • setelah panen raya padi sawah.
  • Penyambutan tamu-tamu Agung Negeri yang dating berkunjung ke Bumi Sakti Alam Kerinci.
Tari iyo-iyo dibawakan oleh anak batino (perempuan) dengan gerakan yang sangat gemuali diiringi dengan lagu (Tale) ditingkah suara gendang (tambur) dan bunyi gong. Pembukaan tari iyo-iyo ini diawali dengan atraksi pencak silat yang disaksikan oleh sesepuh / tertua adapt serta tamu undangan lainnya.Tarian ini dilaksanakan anak negeri sebagai ucapan kegembiraan atas pengangkatan pemimpin adat mereka. 

TARI TAUH
Tarian ini merupakan tarian khas Daerah Lekuk 50 Tumbi Lempur Kecamatan Gunung Raya, biasanya diselenggarakan pada saat ada perayaan-perayaankenduri Sko penyambutan tamu.

Tarian ini dibawakan laki-laki dan perempuan (berpasang-pasangan) sering dilakukan sambil berdiri dan diiringi dengan misik rebab.gong dan nyanyian klasik yang disebut mantun yang mengisahkan Kehidupan masyarakat Desa, Percintaan, Adat istiadat dan lain-lain. Para penari menggunakan busana khas Lumpur yang berwarna hitam atau coklat serta memakai tutup hiasan perak. Tari Tauh acap dilakukan dilapangan terbuka namun ada juga didalam ruangan hal itu sesuai dengan waktu dan acara. 

PENCAK SILAT
Pencak silay ada yang dilakukan tunggal, bepasangan atau empat lawan satu dan para Pendekar ini menggunakan pedang dan Keris yang tajam, serta memakai kostum dan ikat kepala berwarna hitam. Pencak Silat biasanya ditampilkan pada saat Kenduri Sko atau Kenduri Adat menyambut tamu dan pereyaan-perayaan lainnya. 

TALE (NYANYIAN BERSAMA)
Tale sebutan lagu khas Kerinci sering disenandungkan pada saat acara tradisi menggali Bandar air (memperbaiki system irigasi desa) secara bergotong royong dihadiri oleh seluruh anak negeri dan Pejabat Pemerintah.

Tale merupakan kegiatan budaya masyarakat dengan mengaerjakan sawah serta ladang secara bergotong-royong diiringi oleh nyanyian secara bersama yang dimaksudkan untuk menambah gairah dan semangat bagi yang bekerja. Budaya Tale ini tidak pernah pudar dari Bumi Sakti Alam Kerinci, hal ini bias kita saksikan atau sekalian ikut ber-Tale bersama.

Sealin itu ada lagi Tale pelepasan jemaah haji, yang dilaksanakan pada saat pelepasan sanak keluarga akan berangkat ke Mekah menunaikan Rukun Islam yang ke Lima . 

HASIL KERAJINAN
Karya cipta rasa masyarakat Kerinci terlihat dalam berbagai macam ragam bentuk, salah satu hasil karya dimaksud adalah Kerajinan Batik dengan motif-motif asli seperti motif daun the, motif tulisan incung, dan lain-lain.

Beberapa pusat kegiatan Home Industri dengan bimbingan dan pembinaan yang dilakukan berkesinambungan oleh pemerintah daerah Kabupaten Kerinci, telah berkembang produk-produk Home Industri yang sangat unik dan menarik sebagai souvenir bagi wisatawan. 

MENCAPAI KABUPATEN KERINCI
Untuk mencapai Kabupaten Kerinci dapat dengan melalui beberapa jalur utama yaitu :
  1. Padang - Muara Labuh - Sungai Penuh (249 Km)
  2. Padang - Painan – Tapan – Sungai Panuh (277 Km)
  3. Bukut Tinggi – Solok – Muaro Labuh – Sungai Penuh ( Km)
  4. Jambi – bangko – Sungai Penuh (465 Km)
  5. Kuala Tungkal – Jambi – Bangko – Sungai Penuh (726 Km)
  6. Palembang – Jambi – Bangko – Sungai Penuh (726 Km)
  7. Bengkulu – Tapan – Sungai Penuh (879 Km)
 Demikian beberapa tempat wisata yang ada di daerah Kab. Kerinci,, mudah2an pariwisata kita bisa lebih baik lagi... Visit Kerinci 2012 Oke !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar